ASWAJA - XI SEMUA JURUSAN - KHITTAH NU

A. PENGERTIAN KHITTAH NU

Kita sering mendengar kata khittah. Apakah sebenarnya pengertian dari kata tersebut?

Image result for aswaja

sumber : google

Arab

Indonesia

Arti

ّ

khittah

garis-garis yang diikuti, garis yang biasa

ةطخ

ditempuh, garis yang selalu ditempuh

Kalau kata khittah dirangkaikan dengan Nahdlatul Ulama (NU) maka pengertiannya seperti yang dijelaskan dalam naskah khittah NU sebagai berikut:

1 Khittah Nahdlatul Ulama adalah landasan berfikir, bersikap dan bertindak warga Nahdlatul Ulama’ yang harus dicerminkan dalam tingkah laku perorangan maupun organisasi serta dalam setiap proses pengambilan keputusan.

2 Landasan tersebut adalah faham Islam Ahlussunnah Waljama’ah yang diterapkan menurut kondisi kemasyarakatan di Indonesia, meliputi dasar-dasar amal keagamaan maupun kemasyarakatan.

3 Khittah Nahdlatul Ulama juga digali dari intisari perjalanan sejarah khidmadnya dari masa ke masa.


Dari pengertian khittah tersebut dapat dipahami bahwa seluruh pikiran, sikap, dan tindakan warga NU harus berlandaskan khittah NU baik secara perorangan maupun organisasi. Setiap kali mengambil keputusan, maka proses, prosedur, dan hasil keputusan itu harus sesuai dengan khittah NU.

Karena khittah berlandaskan faham Islam Ahlussunnah Waljama’ah, segala keputusan dalam NU harus ditempuh melalui cara-cara yang sesuai dengan norma-norma Ahlussunnah Waljama’ah. Norma-norma tersebut antara lain melalui jalur musyawarah dengan mempertimbangkan semua kepentingan secara seimbang. Dasar yang diajukan menggunakan dalil-dalil dan kaidah-kaidah keagamaan. Jangan sampai hanya mengikuti kehendak nafsu (emosi) atau kepentingan sesaat serta mengabaikan pertimbangan yang wajar. Selain itu, sebaiknya juga sesuai pada tempatnya (wadl’u syai-in fi mahallihi).

B. PROSES PERUMUSAN KHITTAH NU

Sesungguhnya intisari (cikal bakal) khittah Nahdlatul Ulama (NU) sudah ada dan dimiliki oleh para ulama pendiri, pelopor, dan para pendukungnya. Bahkan, jauh berabad-abad sebelum NU didirikan. Intisari itu adalah faham Ahlussunnah Waljama’ah, berhaluan salah satu madzhab empat yang kemudian dikembangkan dalam praktek dengan memperhatikan serta memperhitungkan kenyataan dan kondisi masyarakat di Nusantara ini.

Dalam perkembangannya, perumusan khittah terasa perlu untuk dituliskan. Sejak adanya zaman partai, pedoman untuk perjuangan sangat mendesak untuk diperlukan. Namun, usaha perumusan itu mengalami beberapa hambatan antara lain:

1 Khittah Nahdliyyah itu sendiri memang lebih mudah diwarisi dan dihayati dengan meneladani sikap, tingkah laku, amaliyah.

2 Kurangnya kebiasaan tulis menulis di kalangan Nahdlatul Ulama pada waktu itu.

3 Kesibukan yang bersifat spontan lebih mendapat perhatian daripada kegiatan yang kreatif, mencari, dan mengembangkan gagasan-gagasan serta ide baru.

Namun, betapapun sulitnya merumuskan khittah NU, perumusan harus dilakukan karena hal itu sangat diperlukan.

Pada tahun 1979 menjelang diselenggarakannya Muktamar di Semarang, Kiai Ahmad Siddiq mulai merumuskan khittah dengan menulis sebuah buku yang berjudul Khittah Nahdliyyah. Cetakan kedua dari buku tersebut terbit pada tahun 1980 dan merupakan buku cikal bakal rumusan khittah.

Buku kecil tersebut mendapat sambutan yang baik dari generasi muda NU. Mereka kemudian menyelenggarakan pertemuan pada tahun 1982. Dari pertemuan tersebut, terbentuklah Tim 7 yang berhasil merumuskan dokumen “NU menatap Masa Depan”. Pada tahun 1983 diselenggarakan Musyawarah Alim Ulama NU di Situbondo. Dilanjutkan dengan Muktamar NU ke-27 tahun 1984 juga di Situbondo yang berhasil menetapkan rumusan (naskah) Khittah Nahdlatul Ulama.

Di dalam rumusan (naskah) Khittah NU itu dimasukkan beberapa hal yang tampak “baru”, seperti wawasan NU tentang Negara Republik Indonesia dan Pancasila. Beberapa hal tadi belum ada pada zaman awal-awal Nahdlatul Ulama. Khittah NU selain bersumber pada Islam Ahlussunnah Waljama’ah juga digali dari intisari perjalanan sejarah khidmahnya NU dari masa ke masa.

C. KHITTAH NU SEBAGAI LANDASAN BERFIKIR, BERSIKAP, DAN BERTINDAK

Khittah NU 1926 adalah landasan berfikir, bersikap, dan bertingkah laku warga Nahdlatul Ulama. Landasan tersebut dapat diambil dengan mengambil intisari dari cita-cita dasar didirikannya NU. Nahdlatul Ulama (NU) didirikan sebagai wadah berkhidmat yang semata-mata dilandasi niat beribadah kepada Allah.

NUlahirsebagaiorganisasikeagamaanuntukmenegakkankehidupan beragama yang berlandaskan paham Ahlusunnah Waljamaah. Hal itu merupakan bukti kepekaannya terhadap perkembangan. Ketika kaum pembaharuan menyerang kehidupan keagamaan yang tradisional, NU berdiri sebagai pembela dan membenahi kehidupan keagamaan berdasarkan paham Ahlusunnah Waljamaah. Dengan menyatakan diri sebagai pengemban tradisi (Ahlusunnah Waljamaah), NU juga membela kehidupan keagamaan sebagaimana yang telah dihayati oleh umat Islam di Indonesia. Umat Islam yang telah menyerap berbagai tradisi keagamaan yang telah ada sebelumnya.

Gerakan Mabadi Khaira Ummah sudah dilakukan oleh Nahdlatul Ulama’ sejak tahun 1935. Pada waktu itu gerakan Mabadi Khaira Ummah diarahkan kepada penggalangan warga untuk mendukung progam pembangunan ekonomi NU.

Salafush sholih yakni orang-orang terdahulu yang sholih dan mendapatkan petunjuk dalam urusan Agama Islam.

D. DASAR PAHAM KEAGAMAAN NU

Nahdlatul Ulama mendasarkan faham keagamaannya kepada sumber ajaran Islam: Al Qur’an, As Sunnah, Al Ijma’ dan Al Qiyas. Dalam memahami dan menafsirkan Islam dari sumber-sumbernya, Nahdlatul Ulama menggunakan cara sebagai berikut:

No

Bidang

Pendekatan yang digunakan

1

Akidah

Ahlussunnah wal jama’ah.

Dipelopori oleh Imam Abu Hasan al Asy’ari dan

Imam Manshur al Maturidzi

2

Fiqh

Mengikuti jalan pendekatan (al madzhab).

Dengan 4 imam madzhab: Imam Hanafi, Imam

Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Hambali.

3

Tasawuf

Mengikuti antara lain Imam al Junaid al Baghdadi

dan Imam al Ghazali serta imam-imam lainnya.

Nahdlatul Ulama berkeyakinan bahwa Islam adalah agama yang bersifat menyempurnakan semua kebaikan yang sudah dimiliki oleh manusia. Faham keagamaan yang dianut oleh Nahdlatul Ulama bersifat menyempurnakan nilai-nilai kebaikan yang sudah ada. Nilai-nilai yang menjadi milik serta ciri-ciri suatu kelompok manusia seperti suku maupun bangsa. Nahdlatul Ulama tidak bertujuan menghapus nilai-nilai tersebut.

E. SUMBER AJARAN ISLAM

Sebagaimana disebutkan dalam dasar faham keagamaan NU bahwa Nahdlatul Ulama mendasarkan faham keagamaannya kepada sumber ajaran Islam: Al Qur’an, As Sunnah, Al Ijma’ dan Al Qiyas. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt. dalam surat an-Nisa’ ayat 59 sebagai berikut:

1. Al Qur’an

Al Qur’an merupakan sumber utama ajaran Agama islam. Al Qur’an

memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1 Merupakan firman Allah (kalamullah) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

2 Diturunkan menggunakan Bahasa Arab dengan membawa ajaran yang benar

3 Menjadi bukti (mukjizat) Nabi Muhammad SAW atas kerasulannya

4 Menjadi pedoman bagi orang-orang yang meyakininya

5 Dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT (ibadah) bagi yang membacanya

6 Kitab yang tersusun, dimulai dari Surat Al Fatihah dan diakhiri dengan surat An Nas

7 Disampaikan secara mutawatir (disampaikan oleh orang banyak, sehingga tidak mungkin lagi diragukan kebenarannya)

8 Selalu dijaga oleh Allah SWT dari segala bentuk perubahan

2. As Sunnah

Yang dimaksud As Sunnah adalah segala sesuatu yang disandarkan

pada Nabi Muhammad Saw baik berupa perbuatan, ucapan, maupun pengakuan Nabi SAW. Karena itu, sunnah terbagi menjadi tiga;


Sunnah

Pengakuan/persetujuan/

Persetujuan/diamnya

Taqririyah

diamnya Nabi

Nabi SAW ketika

Muhammad SAW atas

melihat sahabatnya

apa yang diperbuat oleh

berdzikir dengan

para sahabatnya

menggunakan kerikil

untuk menghitungnya

3. Ijma’

Yang dimaksud dengan Ijma’ adalah kesepakatan para mujtahid

di suatu zaman tentang satu permasalahan hukum yang terjadi ketika itu. Ijma’ terbagi menjadi 2 (dua):

Istilah

Pengertian

Ijma’ Sharih

Kesepakatan yang terjadi pada saat semua mujtahid

mengemukakan pendapatnya, dan ternyata pendapat

mereka itu semuanya sama.

Ijma’ Sukuti

Kesepakatanyangterjadikarenaadasebagianmujtahid

yang mengemukakan pendapatnya sedangkan yang

lain diam (tidak memberikan komentar), sehingga

mereka dianggap setuju dengan pendapat yang

dikemukakan mujtahid tersebut.

Contoh Ijma’ adalah kesepakatan para sahabat tentang adzan dua kali pada hari jum’at, shalat tarawih secara berjama’ah dan lain sebagainya.

4. Qiyas

Qiyas adalah menyamakan hukum cabang (furu’) kepada hukum

asal (ashl) karena ada kesamaan illat (sebab) hukumnya. Contoh Qiyas adalah perintah untuk meninggalkan segala jenis pekerjaan pada saat adzan jum’at dikumandangkan. Hal ini disamakan dengan perintah untuk meninggalkan jual beli pada saat-saat tersebut, yang secara langsung telah dinyatakan dalam Al Qur’an

Previous
Next Post »